PEMECAHAN MASALAH LAPISAN TRANSPORTASI JARINGAN LAN



PEMECAHAN MASALAH LAPISAN TRANSPORTASI JARINGAN LAN


  • UDP (User Datagram Protocol)


UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768. 

  •       TCP (Transmission Control Protocol)


Transmission Control Protocol (TCP) adalah salah satu jenis protokol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan). TCP merupakan suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). TCP dipakai untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan keandalan data.

  •        Header TCP


Ukuran dari header TCP adalah bervariasi, yang terdiri atas beberapa field yang ditunjukkan dalam gambar dan tabel berikut. Ukuran TCP header paling kecil (ketika tidak ada tambahan opsi TCP) adalah 20 byte.

  •              NCP (Network Control Protokol)



NCP (Network Control Protocol) berfungsi untuk mengkoordinasi operasi bermacam-macam protokol jaringan menggunakan Link PPP ini. Beberapa hal yang dilakukan oleh protokol ini ialah menegosiasikan jenis protokol kompresi yang akan dipakai serta menanyakan IP address mitranya.


Soal!

1. Jelaskan pengertian user datagram protocol
2. Jelaskan pengertian protocol.
3. Jelaskan pengertian TCP.
4. Jelaskan kelebihan UDP

5. Sebutkan kegunaan TCP

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »