PEMECAHAN MASALAH LAPISAN PRESENTASI JARINGAN LAN

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN PRESENTASI JARINGAN LAN





Presentation Layer (Lapisan presentasi). 

Lapisan Presentasi adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan (Indah, 2016)


Fungsi Presentation Layer

Secara umum fungsi dari presentation layer adalah: 

a) Enkripsi dan dekripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan. 
b) Kompresi dan dekrompresi suatu pesan sehingga dapat dikirimkan pada jaringan secar  efisien. 
c) Memformat grafis. 
d) Melakukan translasi konten. 
e) Melakukan translasi yang sifatnya spesifik terhadap suatu sistem tertentu. 
f) Bagaimana data dipresentasikan. 
g) Menyajikan data. 
h) Sebagai layanan penterjemah. 
i) Menentukan tipe data (gambar, audio, video, atau teks), enkripsi (ASCII atau EBCDIC), dan ekstensi file agar file siap ditampilkan di layer aplikasi. (FEBRIANTO, 2014)


Troubleshooting Lapisan Presentasi

Masalah jaringan dapat timbul dari transportasi lapisan masalah pada router, terutama di tepi jaringan mana lalu lintas diperiksa dan dimodifikasi. Dua teknologi lapisan umumnya dilaksanakan transportasi adalah akses daftar kontrol (ACL) dan Network Address Translation (NAT), seperti yang ditunjukkan dalam

Masalah yang paling umum dengan ACLs disebabkan oleh konfigurasi pantas. Masalah dengan ACLs dapat menyebabkan jika tidak bekerja sistem gagal. Ada beberapa daerah yang mana misconfigurations sering terjadi:

Pilihan arus lalu lintas – misconfiguration router yang paling umum adalah menerapkan ACL untuk lalu lintas yang salah. Lalu lintas didefinisikan oleh kedua antarmuka router melalui yang lalu lintas adalah bepergian dan arah di mana lalu lintas ini bepergian. Sebuah ACL harus diterapkan ke antarmuka yang benar, dan ke arah lalu lintas benar harus dipilih untuk berfungsi dengan baik.
Perintah akses kontrol entri – entri di ACL harus dari spesifik untuk umum. Meskipun ACL mungkin memiliki entri khusus mengizinkan arus lalu-lintas tertentu, paket pernah cocok entri jika mereka ditolak oleh lain entri sebelumnya dalam daftar. Jika router menjalankan ACLs dan NAT, urutan di mana setiap teknologi ini diterapkan untuk arus lalu lintas penting. Lalu lintas masuk diproses oleh inbound ACL sebelum diproses oleh lalu lintas NAT. Outbound luar di-dalam diproses oleh ACL keluar setelah diproses oleh dalam di-luar NAT.

       Implisit menyangkal semua – ketika keamanan yang tinggi tidak diperlukan pada ACL, elemen kontrol akses implisit ini dapat menjadi penyebab misconfiguration ACL. (hidayatulloh, 2015)


  • Abstrak Sintaks Notasi 1


        Dalam Open System Interconnection (OSI), sebuah notasi untuk mendefinisikan struktur data dan tipe data. Notasi didefinisikan dalam standar internasional ISO 8824/ITU X.208 dan ISO 8825/ITU X.209. (zoellucky, 2014)


  • X – Windows


       X-Windows (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984.

     Dengan menggunakan X-Windows dan aplikasi Windows Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface), 

Soal!

1. Jelaskan pengertian presentasi layer
2. apa pengertian Window System atau biasa disebut X.
3. jelaskan pengertian Abstrak Sintaks Notasi 1.
4. sebutkan 3 fungsi presentasi layer
5. apa itu X-Windows


Sumber : http://cysmixs.blogspot.co.id/2016/09/pemecahan-masalah-lapisan-presentasi.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »