PEMECAHAN MASALAH LAPISAN DATA LINK JARINGAN WAN

Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN




  • Ethernet mekanisme akses
Ethernet adalah sebuah metode akses media jaringan dimana semua host di jaringan tersebut berbagi bandwidth yang sama dari sebuah link. Ethernet menjadi popular karena ia mudah sekali disesuaikan dengan kebutuhan (scalable), artinya cukup mudah untuk mengintegrasikan teknologi baru seperti Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet, kedalam infrastruktur network yang ada. Ethernet juga relatif mudah untuk diimplementasikan dari awal, dan cara pemecahan masalahnya juga mudah. Ethernet menggunakan spesifikasi layer Physical dan Data Link. Bagian berikut akan membahas mengenai informasi apa saja di kedua layer tersebut yang perlu diketahui untuk secara efektif mengimplementasi, memecahkan masalah, dan mempertahankan sebuah jaringan Ethernet. (oahoa, 2015)
  • full-duplex Ethernet
Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya. (Agusridwan)

  • format bingkai ethernet

Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte. (Sukma)

  • studi kasus: menganalisis berlebihan tabrakan Ethernet

a.siplex

Adalah mode komunikasi satu arah. Di sini pihak penerima tidak dapat memberikan informasi balikan.

b.duplex 

Perlu dibaca ulang ini bukan durex. Ini duplex. Duplex adalah media komunikasi dua arah. Dimana pihak pengirim dan penerima bisa berkomunikasi dua arah secara bersama-sama.

c.HalfDuplex

Adalah media komunikasi dua arah. Namun berbeda dengan duplex, half duplex berkomunikasi dua arah secara saling bergantian. Jadi saat terjadi komunikasi antara A dan B. Saat A mengirim informasi (berbicara) maka B akan menerima informasi (mendengarkan). Demikian terjadi proses yang sebaliknya (vice versa).

  • studi kasus: server lambat pada segmen Ethernet

a) Tegangan Listrik, Tegangan listrik menyebabkan ganguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil,sering terjadi naik dan turun atau mati mendadak dari sumber PLN.

b) Mati atau tidak berfungsinya komponen pada perangkat wireless, Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung perangkatWireLess disebabkan oleh ganguan Petir (gangguan alam),terjadidikarenakan factor alam dan petir di saat cuaca hujan danangin kencang.

c) Perangkat Software, Gangguan dapat terjadi dari software yang ada diserver atau PC client, gannguan ini bias disebabkan oleh tidak jalannya aplikasi di wireless, konflik IP ( Internet Protocol ),tidak jalannya proses proxy server pada server, dan masih banyak lagi jeni ganguan software lainnya, solusiny adalah Admin harus menguasa standardt server dan client.

  •  proses token passing

Metode pengiriman data dengan cara mengelilingi sebuah Ring dikenal dengan istilah Token Passing. Token dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain sampai sebuah komputer mengambil data tersebut. Komputer pengirim memodifikasi tooken, meletakkan sebuah alamat tujuan pada data dan mengirimkan ke komputer tujuan melewati jaringan ring. (Computer)

Soal!

1. Apa yang dimaksud dengan Ethernet.
2. Apa yang dimaksud dengan full duplex.
3. Apa yang dimaksud dengan efisiensi Bandwidth.
4. Apa yang di maksud dengan bandwidth.
5. Apa yang di maksud dengan Siplex.



Sumber : http://kurniawan-tkj16.blogspot.co.id/2016/10/pemecahan-masalah-lapisan-data-link.html

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »